Newest Post
// On :Selasa, 23 Mei 2017
Profesi Di Bidang Multimedia
Nama:Ayu Amilia Y.
Kelas:X TMM A
No.abs:06
1.Ilustator
Ilustrator merupakan
salah satu pekerjaan bidang multimedia yang menyediakan jasa gambar ilustrasi
pada media koran, majalah, buku, website, biro periklanan, pembuat storyboard pada film, dan
lain-lain. Selain bisa berdiri sendiri sebagai bisnis perseorangan (self employer), pekerjaan
ilustrator ini juga bisa dikerjakan secara teamwork dimana
para tim yang tergabung didalamnya bisa memiliki peran yang berbeda-beda.
Peran-peran yang tergabung dalam tim ilustrator
ini bisa dibedakan misalnya ada yang menjadi bagian perancang gambar (skets),
bagian tinta (inker), bagian pewarna (coloring), dan lain
sebagainya. Dalam pekerjaan ilustrator, selain bekerja secara manual, biasanya
mereka juga menggunakan teknologi komputer untuk menyempurnakan karya-karyanya.
Adapun keahlian komputer yang harus dikuasai seperti mengolah gambar-gambar
grafis berupa vector dan image.
2.Komikus
Seperti halnya ilustrator, sebagai komikus juga akan
bekerja dengan gambar-gambar. Perbedaan yang paling menonjol dari komik dan
ilustrasi adalah jika ilustrasi lebih banyak menggambarkan sebuah kejadian
tertentu saja dan hanya berdiri sebagai gambar pelengkap, namun komik bisa
berdiri sendiri dan biasanya dapat memuat cerita yang lebih kompleks.
Hingga saat ini “industri” komik di Indonesia juga
sudah mulai menggeliat, hal ini bisa dilihat dari banyaknya terbitan buku komik
lokal yang beredar di berbagai toko buku. Komik-komik produk indonesia yang
lahir di era sekarang ini setidaknya sudah mampu memberi warna per-komik-an
negeri kita yang sebelumnya selalu dibanjiri dengan komik-komik jepang.
Kesuksesan Jepang membombardir karya-karya komik ke segala penjuru dunia
membuktikan bahwa dunia komik memiliki pangsa pasar yang cukup luas dan bisa
menjadi peluang bessar bagi mereka yang menekuninya.
3. Animator
JIka ilustrator dan komik banyak bekerja dengan gambar-gambar diam, dalam pekerjaan animator mereka akan banyak bekerja dengan gambar bergerak (animasi). Seiring berkembangnya teknologi, produk animasi saat ini tidak hanya terbatas pada pembuatan animasi dua dimensi (2D) saja, namun juga animasi tiga dimensi (3D) yang dapat diaplikasikan pada karya-karya film, iklan televisi, game, dan lain-lain.
Semakin banyaknya media tayang untuk karya
animasi seperti stasiun televisi dan media online seperti Youtube, vimeo dan
sebagainya, semakin membuka peluang bagi para animator untuk bekerja bahkan
membuka usaha sendiri. Seperti yang saya tulis sebelumnya, media internet di
Youtube juga bisa dijadikan ajang untuk mencari penghasilan melalui iklan di
Google Adsense.
4. Desainer
Diakui ataupun tidak, dari mulai bangun tidur
hingga tidur lagi kita tidak bisa pernah lepas dari karya-karya desain. Mulai
dari desain produk, desain kemasan, desain iklan, desain fesyen, desain
interior dan lain sebagainya. Karya-karya desain tersebut tentu ada yang
menciptakan, yakni mereka para kreator yang telah mencurahkan segala energinya
sehingga muncul sebuah produk yang kita pakai sehari-hari.
Jika Anda memiliki keahlian dalam desain, tidak
ada salahnya apabila merintis sebuah biro jasa desain di wilayah Anda. Usaha
ini bisa dimulai dari layanan jasa kecil-kecilan dulu, misalnya membuat desain
undangan pernikahan, desain kartu nama, spanduk, hinnga desain iklan dan lain
sebagainya. Sebagai biro jasa desain Anda juga bisa melakukan kerjasama dengan
beberapa biro periklanan yang ada, dengan percetakan, pengembang web dan
lain-lain. Selain dapat merintis usaha birojasa desain Anda juga dapat
mengikuti berbagai kontes pembuatan desain logo yang diselenggarakan oleh
beberapa situs di internet.
5. Periklanan
Seperti yang telah saya bahas dalam artikel
sebelumnya tentang industri kreatif. Periklanan merupakan salah satu sub-sektor
industri kreatif yang saat ini sedang digalakkan oleh pemerintah. Peluang usaha
di bidang periklanan ini juga masihh sangat luas karena hampir setiap hari para
pengusaha membutuhkan media promosi dan iklan.
6. Industri Kreatif lainnya
Selain jenis-jenis usaha yang sudah saya sebutkan
di atas, berbagai peluang usaha bidang multimedia juga masih banyak karena
hampir sebagian besar pekerjaan masuk dalam kelompok industri kreatif, seperti
fotografi, video-film, pengembangan website dan lain sebagainya.
Jika ada kemauan pasti ada jalan, kata-kata bijak tersebut seolah memang
tak pernah ada matinya, sebagaimana peluang usaha bidang multimedia.
Hal yang tidak kalah penting ketika ada banyak peluang yang datang
adalah bagaimana kita memang sudah benar-benar SIAP dengan peluang ya
menghampiri kita. Selamat berjuang, semoga sukses…